By wahyudihamdani062ip1

Februari 21, 2010

Category: Uncategorized

Leave a Comment »

//

Sulaman salah satu hasil kerajinan masyarakat Kabupaten Pelalawan

Beberapa kerajinan tangan yang biasa dibuat dan dihasilkan oleh masyarakat terutama yang termasuk katagori home industri adalah kerajianan anyaman, baik anyaman dari pandan maupun rotan, souvenir dari kayu, tenun songket, miniatur alat kerja masyarakat, hingga sulaman khas pelalawan yang biasa disebut dengan Tekad.

Sebahagian besar barang-barang kerajinan tersebut sudah dikenal dan banyak ditemui oleh masyarakat luas, namun ada juga yang belum banyak diketahui oleh mereka. Hal ini disebabkan oleh kurang populernya kerajianan tersebut akibat ditelan masa dan mungkin tergantikan oleh barang kerajian hampir serupa yang diproduksi secara massal dan modern. Seperti halnya tekad dan kain songket. Kedua contoh barang kerajinan tersebut sudah sangat jarang ditemui dan diproduksi karena sumber daya manusia yang mampu mengerjakannya pun sudah sangat sedikit. Terutama bagi barang kerajinan yang diproduksi secara tradisional atau hand made.

Walaupun demikian, bukan berarti barang kerajinan tersbut sudah hilang sama sekali, beberapa orang dari masyarakat di Kabupaten Pelalawan ini masih ada yang memproduksinya walaupun jumlahnya tidak banyak dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Untuk menambah daya tarik wisata dan kunjungan ke Kabupaten ini, perlulah kiranya ada item-item yang membuat calon pengunjungnya mengingat akan kehadiran mereka di Kabupaten Pelalawan ini. Dintara item tersebut adalah adanya souvenir-souvenir yang dijadikan buah tangan ketika mereka kembali ke daerahnya masing-masing. Oleh karenanya, pengembangan usaha kerajinan khas Pelalawan ini sangat perlu untuk diperhatikan demi menunjang daya tarik objek wisata dan kunjungan. Karena sudah pasti jika ada orang yang datang berkunjung ke Kabupaten Pelalawan, mereka akan menanyakan oleh-oleh apa yang akan didapat di daerah ini.

Diharapkan selain barang-barang khas pelalawan berupa makanan dan minuman yang ada, barang-barang cenderamata pun akan menjadi pilihan mereka yang datang berkunjung ke Kabupaten ini. Karenanya di setiap event promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, selalau dihadirkan sampel-sampel makanan khas dan hasil kerajinan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat di daerah lain, sehingga keberadaannya makin dikenal dan dapat diminati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: